Rabu, 17 Desember 2014

contoh proposal aktiva tetap

PROPOSAL
PENGELOLAAN AKTIVA TETAP DI ALTRAK78BALIKPAPAN 2013




altrak-1978-logo1.gif














Disusun oleh :
                                                       
1.       Catheryn Olivia
2.      Halidah
3.      Sulistiawati
4.      Wirda





BALIKPAPAN
2014




HALAMAN PENGESAHAN



Proposal berjudul “ Pengelolaan Aktiva Tetap di Altrak78 Balikpapan 2013”, telah disahkan pada :
Hari          : Jum’at
Tanggal     : 21 November 2014
Tempat     :Balikpapan



Pembimbing Sekolah                                                             Pembimbing Perusahaan




                                                                                                                                   
Erlina Imawati, S.E                                                               Diyah MS, S.Pd.
























ABSTRAK

            Proposal berjudul “ Pengelolaan Aktiva Tetap di Altrak78 Balikpapan 2013” akan dilaksanakan hari Jum’at November 2014. Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan aktiva tetap di altrak78 balikpapan tahun 2013.
            Metode penelitian yang digunakan secara deskriptif yakni gambaran cara pengelolaan aktiva tetap dengan mengumpulkan data-data secara kepustakaan. Salah satu caranya yaitu melakukan observasi terhadap buku-buku  yang relevan dengan objek yang akan diteliti.
            Penelitian ini diharapkan dapat terlaksana  dengan tepat waktu. Sehingga hasilnya dapat dijadikan sumber referensi bagi pihak-pihak yang membutuhkan.
                                               
                                                                                    Balikpapan, November 2014


                                                                                                Penulis










KATA PENGANTAR

            Dengan mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas segala kemudahan. Pertolongan, kasih sayang serta anugerah yang tak terhingga kepada penulis sehingga dapat menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia ini, serta salawat dan salam kepada Nabi besar Muhamad SAW, yang telah memberikan contoh akhlakul karimah bagi seluruh muslim diseluruh penjuru di dunia.
            Selama menyusun proposal Aktiva Tetap ini maupun dalam mengikuti kegiatan akademik dan non akademik di lingkungan sekolah SMK Airlangga Balikpapan, banyak sekali pihak-pihak yang memberikan bantuan dan dukungan kepada penulis. Pada kesempatan ini penulis ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan, dukungan, motivasi, do’a serta semangat.
            Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya penulis sampaikan kepada terkasih dan terhormat : 

1.       Djumiati, S.Pd, SE, selaku guru produktif akuntansi 
2.      Erlina Imawati, SE, selaku guru pembimbing sekolah 
3.      Diyah Ms.,S.Pd, selaku pembimbing perusahaan 
4.      Dan semua pihak yang tidak dapat disebut satu persatu
            Penulis menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam penulisan proposal ini sehingga saran dari pembaca diperlukan untuk memperbaiki penulisan berikutnya terima kasih.












DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN 

A.     Latar Belakang Masalah
B.      Pembatas Masalah 
C.      Rumusan Masalah 
D.     Tujuan Penelitian 
E.      Manfaat Penelitian 
F.      Hipotesis 
G.     Kerangka Teori 
H.     Tempat Penelitian 
I.      Jadwal Penelitian 
J.     Kepanitiaan 
K.      Pembiyaan

BAB II PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN












BAB I
PENDAHULUAN


A.   Latar Belakang Masalah
      Dalam menghadapi perkembangan usaha yang semakin maju, sebuah perusahaan yang didirikan harus memiliki suatu tujuan agar dapat membuat perusahaan hidup dalam jangka panjang, artinya perushaan harus mempertahankan kelangsungan hidupnya melalui pencapaian tujuan. Suatu tujuan akan tercapai apabila perusahaan dikelola dengan baik, sehingga sesuai dengan harapan yang ditetapkan oleh perusahaan.
      Tujuan suatu perusahaan adalah untuk memperoleh laba yang optimal atas investasi yang telah ditanamkan dalam perusahaan. Salah satu bentuk investasi tersebut adalah aktiva tetap yang digunakan dalam kegiatan normal perusahaan yaitu aktiva mempunyai umur ekonomis lebih dari satu tahun. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan pengelolaan yang efektifdan kebutuhan yang tepat dalam penggunaan, pemeliharaan, maupun pencatatannya.
      Bersamaan dengan berlalunya waktu, nilai ekonomis suatu aktiva tetap tersebut harus dapat dibebankan secara tepat dan salah satu caranya adalah dengan menentukan metode penyusutan. Untuk itu perlu diketahui apakah metode penyusutan yang diterapkan perusahaan telah memperhatikan perubahan nilai aktiva tetap yang menurun disebabkan karena berlalunya waktu dan menurunya manfaat yang diberikan aktiva tetap tersebut. Menurut Warren,Reeve, dan Fess (2005;395) “Penurunan harga perolehan karena menurunnya kegunaan sejalan dengan berlalunya waktu dalam pengunaan disebut penyusutan (Depreciation)“.

B.    Pembatasan Masalah
Berdasarkan uraian diatas, maka pembatasan masalah dalam penelitian ini adalah:
1.     Metode penyusutan aktiva tetap yang diterapkan pada Altrak78 Balikpapan.
2.    Pengaruh metode penyusutan aktiva tetap terhadap laba perusahaan.

C.    Rumusan Masalah
Dalam perumusan masalah ini penulis akan merumuskan tentang:
  1. Bagaimanakah metode penyusutan aktiva tetap yang diterapkan pada Altrak78 Balikpapan?
  2. Bagaimanakah pengaruh metode penyusutan aktiva tetap terhadap laba perusahaan?

D.   Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah yang telah diidentifikasi, maka tujuan penelitian ini adalah :
1.     Untuk mengetahui metode penyusutan yang diterapkan perusahaan.
2.    Untuk mengetahui pengaruh metode penyusutan yang diterapkan pada aktiva tetap terhadap laba perusahaan.

E.    Manfaat Penelitian
Adapun penelitian ini diharapkan dapat berguna bagi:
1.     penulis yakni dapat memenuhi berbagai metode penyusutan dan penerapannya dalam praktik dan sebagai salah satu syarat dalam memenuhi tugas Bahasa Indonesia.
2.    perusahaan yaitu menjadi sumbangan penulisan berupa saran atau usul bagi pihak manejemen dan sebagai bahan masukan untuk pencatatan lebih lanjut dan atas aktiva tetap dan sebagai bahan evaluasi aktiva tetap yang selama ini dijalankan, dan
3.    pembaca, sebagai informasi untuk penelitian lebih lanjut dan menambah pengetahuan serta bahan kepustakaan.

F.    Hipotesis
Hipotesis pada proposal ini sebagai berikut :
1.     Berdasarkan pengamatan pada Altrak78 Balikpapan, diketahui bahwa metode penyusutan aktiva tetap yang diterapkan oleh perusahaan sesuai dengan landasan teori, untuk metode penyusutan garis lurus yang diterapkan perusahaan untuk penyusutan aktiva tetapnya cukup tepat  (penerapan metode penyusutan aktiva tetap bila dilaksanakan dengan tepat, maka akan berperan dalam menunjang peningkatan pendapatan perusahaan).
2.    Tidak berpengaruh secara signifikan, hal ini ditunjukan bahwa penggunaan metode garis lurus hanya lebih besar 0,08% dibandingkan dengan metode saldo menurun ganda dan kenaikan sebesar 0,07% dibandingkan dengan metode jumlah angka tahun.
G.   Kerangka Teori
Aktiva tetap diperoleh untuk digunakan dalam operasi perusahaan
yang mempunyai masa manfaat lebih dari satu periode akuntansi sehingga atas pengeluaran tersebut dibebankan atas dasar alokasi melalui metode-metode yang berlaku umum.
      Penyusutan merupakan alokasi sistematik jumlah yang dapat disusutkan dari suatu aktiva sepanjang masa manfaat. Berdasarkan penjelasan diatas, maka perusahaan dalam melakukan alokasi pembebanan penyusutan. Faktor-faktor yang akan mempengaruhi penyusutan menurut Zaki Baridwan (2014;307) terdiri dari tiga faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan beban depresiasi setiap periode, yaitu :
1.     Harga perolehan ( Cost )
2.    Taksiran nilai residu (Salvage value)
3.    Taksiran umur kegunaan (Useful value)
Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan metode penyusutan aktiva tetap menurut Hendriksen yang bukunya dialih bahasakan oleh Widjajanto Nugroho (1991;90) adalah sebagai berikut :
1.     Hubungan antara penurunan aktiva tetap dengan penggunaan dan waktu pertimbangan penentuan dalam penyusutan yang digunakan lebih dipengaruhi oleh nilai manfaat aktiva dimasa yang akan datang sejalan dengan penggunaannya dalam jangka tertentu.
2.    Pengaruh keusangan
Keusangan dan keausan yang terjadi sepanjang penggunaan aktiva tetap dianggap merupakan faktor yang menentukan penurunan kemampuan aktiva tetap untuk memberikan manfaat.
3.    Pola biaya reparasi dan pemeliharaan
Selama penggunaan aktiva, pengelolaan pengeluaran yang terjadi dalam rangka perbaikan dan pemeliharaan aktiva yang dimiliki akan membentuk suatu pola yang relative konstan maupun meningkat menjadi pertimbangan dalam menentukan metode penyusutan yang digunakan.
4.    Tingkat efisiensi aktiva yang bersangkutan
Efisiensi operasi aktiva selama penggunaan menjadi kondisi yang harus diperhatikan sebab penurunan efisiensi operasi aktiva akan menyebabkan meningkatnya kontribusi pendapatan yang akan diterima semakin rendah.
5.    Kemungkinan perubahan dalam tingkat pendapatan
Taksiran hasil atau pendapatan yang akan diterima selamam penggunaan aktiva tetap bersifat konstan maupun berfluktuasi dari tahun ke tahun.
     Kecermatan dan ketetpatan pemilihan metode penyusutan penting karena pembebanan biaya penyusutan dengan metode yang berbeda akan menyebabkan perbedaan biaya penyusutan yang dibebankan.
     Adapun yang menjadi bahan dalam penelitian ini yaitu bagaimana pengaruh penerapan metode penyusutan aktiva tetap yang diterapkan oleh perusahaan dapat mempengaruhi pendapatan atau laba yang diterima oleh perusahaan tersebut.

H.   Tempat Penelitian
    Penelitian ini bertempat di SMK Airlangga Balikpapan yang berlokasi di Jl. S. Parman No.14 (Gunung Guntur). Lokasi tersebut dipilih karena memiliki semua  aspek pendukung agar penelitian dapat berjalan dengan baik.

I.    Jadwal Penelitian
     Penelitian di laksanakan selama empat hari, terhitung mulai 23-26  November 2014
J.   Kepanitiaan
Ketua              : Wirda
Dokumentasi    : Catheryn Olivia
Sekretaris      : Sulistiawati
Bendahara       : Halidah

K.    Pembiayaan
Pembiayaan selama penelitian sebagai berikut.
1.     Uang transport         : 4 x 4 x Rp 6.000,-             = Rp 96.000,-
2.    Uang makan              : 4 x 4 x Rp 15.000,-            = Rp 240.000,-
3.    Cuci foto                  : 3 x Rp 10.000,-                  = Rp 30.000,-
4.    Biaya laporan            : 2 x Rp 25.000,-                 = Rp 50.000,-
                    Jumlah                                                                 = Rp 416.000,-




   




BAB II
PENUTUP

DAFTAR PUSTAKA
Baridwan, Zaki, 2004, Intermediate Accounting, Edisi Kedelapan, Yogyakarta;
BPFE.
Belkaoui, Ahmed Riahi, dialih bahasakan oleh Marwata DKK, 2001, Teori Akuntansi.
Buku Dua. Jakarta; Salemba Empat.
Harnanto, 2002, Akuntansi Keuangan Menengah, Cetakan Pertama, Buku Satu,
Yogyakarta; BPFE.
Harahap, Sofyan Syafri, 2004, Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan, Jakarta;
Bumi Aksara.
Harahap, Sofyan Syafri, 1999, Akuntansi Aktiva Tetap: Akuntansi Pajak, Revaluasi,
Leasing, Jakarta; Bumi Aksara.
Hendriksen, Eldon. S, 1990, Accounting Theory. 4th edition, Illinois: Richard D.
Irwin, Inc.
Hendriksen, Eldon. S, dialih bahasakan oleh Nugroho W., 1991. Teori Akuntansi,
            Edisi Keempat, Jilid Dua, Jakarta; Erlangga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar